Middlesex: Interseks dan Pencarian Identitas

Ini bukan buku yang baru-baru ini saya baca. Buku karangan Jeffrey Eugenides ini sudah bertahun-tahun yang lalu saya baca. Buku ini berada dalam daftar buku favorit sepanjang masa saya, karena memang buku ini segitu bagusnya buat saya. Kenapa baru bikin ulasannya sekarang. Karena, saya baru merapikan rak buku dan di saat yang sama juga termakan…

Tentang Membaca

Saya nggak ingat kapan saya mulai tertarik pada buku. Seingat saya sebelum saya sekolah juga sudah suka. Saya tidak pernah ingat buku pertama yang saya baca. Tapi buku masa kecil yang sampai hari ini tidak pernah saya lupa adalah seri Tini, Robi dan Susi, dan Piko Si Anak Ayam. Kemudian baru berlanjut ke seri Lima…

Tahun Penuh Gulma

Saya memang selalu lemah sama buku-buku yang sampulnya bagus. Hari itu saya cuma mau beli Sengkarut sebenarnya, tapi terus malah kepincut sama sampul buku karangan Siddhartha Sarma ini. Buku ini bercerita tentang Korok, anak suku Gondi yang ikut berjuang mempertahankan Perbukitan Devi, bukit keramat mereka, yang akan dijadikan pertambangan oleh perusahaan. Korok yang baru berusia…

Dari Dalam Kubur: Karla, Djing Fei, dan Sejarah yang Digelapkan

Akhirnya saya kesampaian baca buku ini setelah sejak Desember lalu menimbang-nimbang untuk membelinya. Ini adalah perjumpaan saya yang pertama dengan bukunya Soe Tjen Marching. Saya agak deg-degan waktu mau baca buku ini. Lebay banget ya. Tapi buku-buku tema ’65 selalu mengacak-acak emosi saya. Tema ’65 selalu mempunyai tempat tersendiri buat saya. Gelapnya sejarah di balik…

Sengkarut yang Membuat Kepala Mawut

Mungkin sudah sekitar awal Januari atau malah akhir Desember, buku ini terlihat mewarnai linimasa saya. Penasaran, jelas. Tapi saya waktu itu seperti ragu, kira-kira akan bisa menikmati buku ini nggak ya? Terus terang saya bukan fans kumcer. Tapi makin ke sini kok ulasannya makin bikin penasaran ya. Ya sudah lah, mari kita tuntaskan rasa penasaran…

Before the Coffee Gets Cold Tales from the Café

Suatu saat saya melihat @ambudaff posting bilang bahwa Before the Coffee Gets Cold sudah ada buku keduanya. What? Saya suka banget buku itu. Jadi pas dikasih tahu ada buku keduanya, ya langsung berangkat cari lah. Begitu googling ternyata judul buku keduanya sama hanya ada tambahan Tales from the Café hahaha. Bikin bingung aja nih Toshikazu…

Pesta di Sarang Kelinci

Saya sebenarnya sudah melihat buku ini bertebaran di IG, tapi entah kenapa selalu ragu untuk baca. Ragu apakah isinya akan cocok dengan selera saya. Beberapa waktu lalu saya membaca IG Story Mbak Windy Ariestanty yang sedang membahas buku ini. Kemampuan Mbak W bercerita langsung mematahkan keraguan saya. Buku ini langsung masuk ke daftar bacaan saya…

Kisah Seekor Camar dan Kucing yang Mengajarinya Terbang

Saya tertarik pada buku ini terus terang karena sampulnya yang lucu banget. Tadinya saya pikir buku ini buku yang sulit dengan banyak simbol-simbol. Setelah browsing ternyata ini masuk kategori buku anak. Makin penasaran deh. Ya sudah langsung saya adopsi, padahal tumpukan buku yang belum dibaca sebenarnya masih menggunung. Tapi ah sudah lah. Buku ini bercerita…

Ambavasnabhisma: Serenada Kata-kata

Saya bertemu dengan buku puisi Lintang Ratri di akun Instagram @orangbiasabacapuisi yang dikelola Eyi, sahabat saya. Ada beberapa video yang membacakan sajak-sajak dari buku ini. Saya sendiri begitu mendengar sajaknya langsung tertarik. Saya tanya Eyi di mana bisa beli buku ini. Kata Eyi, kontak langsung aja sama penulisnya. Ya sudah saya DM Mbak Lintang dan…

Drupadi Perempuan Poliandris

Setiap lihat buku Drupadi-nya Seno Gumira Ajidarma, saya selalu tergoda untuk beli. Selalu lama melihat-lihat, tapi entah kenapa selalu urung saya bawa pulang. Selalu saya taruh lagi di rak. Nah, waktu Gramedia online book fair Oktober lalu, akhirnya saya tergerak beli buku ini. Begitu enam buku pesanan saya sampai, Drupadi adalah yang pertama saya baca….

School Nurse Ahn Eunyoung

Waktu itu saya baru selesai membaca 1984. Saya butuh bacaan yang ringan untuk mengobati rasa sesak setelah baca bukunya George Orwell itu. Pilihan jatuh pada buku School Nurse Ahn Eunyoung karangan Chung Serang. Buku ini bercerita tentang seorang perawat sekolah eksentrik bernama Ahn Eunyoung. Dia bukan perawat biasa. Perawat Ahn bukan saja bisa mengobati penyakit…

1984: Menyusuri Distopia Orwell yang Mengaduk Emosi

Sebetulnya sudah lama saya pengin baca bukunya George Orwell. Karena penasaran juga ya lama-lama lihat orang-orang banyak mengutip dua bukunya Orwell, 1984 dan Animal Farm, tapi saya belum pernah baca. Suka terjangkit FOMO saya kalau sudah urusan buku. Bertepatan dengan reading challenge Cozy Corner Bandung bulan lalu yang temanya science fiction, saya pikir kenapa nggak…